Di seluruh dunia dan selama bertahun-tahun, Pramuka telah berevolusi dan beradaptasi dengan zaman – menata ulang dan menyegarkan citra kita agar tetap relevan saat ini sebagaimana kita lebih dari satu abad yang lalu. Saat ini, Pramuka Dunia mengambil langkah maju dalam perjalanan itu dengan merek baru yang disegarkan yang akan membantu kita memasuki dekade berikutnya untuk Pramuka.
Terinspirasi oleh ide dan energi komunitas global yang terdiri dari lebih dari 57 juta Pramuka dan sukarelawan, kami siap mengadopsi Visi dan Strategi baru untuk Pramuka, yaitu menjadi gerakan pemuda paling inspiratif dan inklusif di dunia yang menciptakan pengalaman belajar transformatif bagi setiap orang muda, di mana pun.
Merek kami yang baru bertujuan untuk memberi inspirasi kepada Pramuka dan Organisasi Pramuka Nasional untuk bergabung dengan kami dalam petualangan ini sembari kami terus memimpin sebagai gerakan global yang inklusif, berkelanjutan, dan berdampak – menciptakan kesempatan bagi kaum muda untuk menemukan jati diri mereka, mempelajari keterampilan baru, mengabdi kepada masyarakat, dan bersiap untuk hidup.
Selama setahun terakhir, kami telah berupaya meninjau dan menyegarkan citra Pramuka untuk memposisikan kami di masa depan bersama mitra dan kolaborator. Hasilnya adalah identitas visual dan cerita baru yang menarik untuk Pramuka yang berakar pada misi global kami untuk membentuk kehidupan kaum muda di seluruh dunia.
Tampilan baru Pramuka mencakup desain ulang modern dari Lambang Pramuka Dunia yang ikonik, logo dan tanda kata yang didesain ulang untuk Pramuka Dunia, slogan baru “Siap untuk Hidup” yang tersedia dalam berbagai bahasa, palet warna yang diperluas dan lebih hidup, jenis huruf yang unik dan modern, dan berbagai elemen visual kreatif sekunder yang dapat digunakan di seluruh saluran digital, komunikasi, dan pemasaran kami.
Lambang Pramuka Dunia Yang Ikonik
Setiap elemen dari merek kami yang diperbarui bersifat unik dan memiliki peran khusus. Lambang Pramuka Dunia berasal dari ekspedisi Pramuka pertama di Pulau Brownsea. Selama bertahun-tahun lambang tersebut telah disempurnakan dan diperbarui, tetapi maknanya tidak pernah berubah sebagai simbol universal bagi Pramuka.
Bunga lili adalah kompas kita dan melambangkan nilai-nilai kita, bintang-bintang melambangkan kebenaran dan pengetahuan, ikatan adalah yang menyatukan kita semua, dan tali melingkar di simpul karang tengah melambangkan kesatuan gerakan global kita. Lambang Pramuka Dunia yang baru didesain ulang telah dibuat dengan hati-hati agar tetap setia pada unsur-unsur yang tercantum dalam Konstitusi kita dan untuk menghormati warisan Pramuka sambil berkembang untuk memperkenalkan desain yang lebih modern dan praktis.
Lambang Pramuka Dunia yang didesain ulang akan terus menjadi simbol keanggotaan Gerakan Pramuka, dikenakan sebagai lencana oleh Pramuka di seluruh dunia, dan akan memastikan bahwa tanda ikonik ini tetap relevan bagi generasi mendatang seiring merek kami terus tumbuh dan berkembang di dunia digital. Lambang ini digunakan pada jutaan seragam di seluruh dunia, untuk keperluan resmi, konstitusional, dan kelembagaan, serta untuk momen-momen kepahlawanan dan pengalaman Pramuka universal yang menyatukan kita. Lencana Pramuka Dunia dan Bendera Pramuka Dunia hanya terdiri dari Lambang Pramuka Dunia, dan lambang ini juga dapat digunakan dalam aplikasi lain yang mencakup logo acara Pramuka Dunia, inisiatif pendidikan utama, sertifikat dan penghargaan resmi, serta ‘tanda air’ pendukung keaslian.
Tampilan baru Pramuka Dunia
Logo Pramuka Dunia menetapkan merek dan identitas unik bagi organisasi yang berbeda dari Lambang Pramuka Dunia sebagai simbol Gerakan Pramuka. Logo Pramuka Dunia mempertahankan beberapa elemen utama lambang dengan tampilan modern dan sederhana yang membuatnya unik bagi merek Pramuka Dunia.
Nama Pramuka Dunia bertindak sebagai singkatan untuk Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia dan dimaksudkan agar mudah dikenali oleh Organisasi Pramuka Nasional sekaligus menempatkan kami secara jelas di samping para mitra, penyandang dana, dan kolaborator lain yang bekerja sama dengan kami.
Logo World Scouting menjadi yang terdepan dalam komunikasi, pemasaran, dan aplikasi digital kami, terutama dalam ukuran yang lebih kecil dan menghadirkan sentuhan modern pada identitas merek kami. Ada dua versi bahasa logo dalam bahasa Inggris dan Prancis, dua bahasa resmi World Scouting. Logo World Scouting dapat digunakan oleh Organisasi Pramuka Nasional untuk menandakan dan memvisualisasikan status mereka yang diakui sebagai Organisasi Anggota Gerakan global.
Dalam aplikasi tertentu, logomark dapat digunakan sebagai pengganti logo Pramuka Dunia, dan dirancang serba guna dan sekreatif mungkin agar dapat digunakan pada berbagai media dan format, misalnya untuk avatar dan favicon media sosial, atau aplikasi dan pernak-pernik penggunaan kecil.
Sebuah tagline tentang “Siap untuk Hidup”
Tagline baru kami, “Siap untuk Hidup”, merangkum misi Pramuka untuk berkontribusi pada pendidikan kaum muda, memungkinkan mereka menjadi warga dunia yang memainkan peran konstruktif dalam masyarakat. Tagline ini sederhana dan terhubung dengan moto Pramuka untuk “Bersiap.”
Tagline ini berfungsi dengan baik dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, dan Arab sebagai bahasa resmi dan bahasa kerja Pramuka Dunia. Tagline ini menawarkan elemen merek yang kreatif, terpisah dari logo kami, yang dapat digunakan di berbagai aplikasi digital, iklan, barang dagangan, dan kampanye.
Elemen desain yang kreatif dan penuh warna
Warna inti Pramuka Dunia mencerminkan unsur-unsur alami dunia kita – lautan, hutan, gurun, dan flora. “Ungu Pramuka” tetap menjadi warna utama kami, tetapi didukung dengan palet warna sekunder yang cerah dan fleksibel, kaya dan cemerlang. Warna-warna kami dapat digunakan dalam kombinasi, dan mematuhi standar internasional untuk aksesibilitas konten web dan sebagai panduan untuk aplikasi lain guna memastikan kontras dan keterbacaan teks yang tinggi.
Jenis huruf utama kami, Scouts GT Planar, penuh dengan detail unik dan karakter khas yang mencerminkan kepribadian unik Pramuka. Jenis huruf ini memungkinkan kami untuk berkomunikasi dengan penuh wibawa dan berdampak saat dibutuhkan, tetapi juga memungkinkan kami untuk bersikap menyenangkan dan ceria dengan menggunakan jenis huruf ini dengan cara yang lebih kreatif dan menarik. Kami juga menggunakan Noto Sans, koleksi huruf global untuk menulis dalam lebih dari 800 bahasa, baik modern maupun kuno, untuk penggunaan sehari-hari dan aplikasi digital.
Bentuk dan jahitan kami yang unik
Yang mendukung konsep kreatif untuk merek baru kami adalah serangkaian elemen grafis dan visual sekunder yang membantu menceritakan kisah kami, dan terhubung dengan esensi Pramuka. Struktur bahasa grafis kami terdiri dari dua elemen.
Yang pertama adalah bentuk-bentuk kami yang terinspirasi oleh struktur Lambang Pramuka Dunia dan tampilan unik lencana Pramuka di seluruh dunia. Bentuk-bentuk ini menciptakan bahasa grafis yang fleksibel dan khas yang berani, penuh warna, dan dapat bergerak sambil menonjolkan aspek-aspek penemuan, rasa ingin tahu, dan pengalaman membangun karakter yang melekat pada Pramuka.
Elemen kedua adalah jahitan kita. Terinspirasi oleh elemen tenunan lencana, simpul, dan syal Pramuka, jahitan tersebut menghasilkan permadani, pola, dan detail unik yang kaya pada identitas visual kita. Jahitan ini memberikan elemen grafis yang menyatukan identitas visual dan menawarkan kita cara untuk menceritakan kisah tentang hubungan dan persahabatan yang diciptakan oleh Pramuka.
Cerita dan gambar yang menyenangkan dan berdampak
Nada bicara Pramuka Dunia bersifat ramah, ingin tahu, ceria, dan berdampak. Kami menggunakan bahasa yang sederhana dan empatik yang dapat membuat setiap orang merasa menjadi bagian dari keluarga Pramuka global ini. Inti dari Pramuka adalah kesenangan, dan nada bicara kami dirayakan melalui bahasa yang menarik dan hidup yang memicu imajinasi dan mengundang partisipasi. Nada bicara kami menyeimbangkan kesenangan dengan keseriusan, memadukan ungkapan ringan dan humor dengan pesan yang informatif dan mendesak yang membahas isu-isu besar yang dapat memotivasi Pramuka untuk mengambil tindakan sebagai warga global yang aktif.
Citra kami terdiri dari fotografi dan video yang keduanya memainkan peran penting dalam menceritakan kisah kami dan membangun narasi yang kaya dalam semua bentuk komunikasi. Foto dan video kami berakar pada pengalaman asli Pramuka dan menggambarkan kegiatan sehari-hari Pramuka di seluruh dunia. Dari gambar Pramuka yang menanggapi krisis iklim di komunitas mereka hingga rekaman Pramuka yang kehilangan kacamata hitam mereka di Jambore terakhir – gambar kami adalah tentang berbagi pengalaman, orang, dan tempat unik di jantung komunitas Pramuka kami.
Proses yang terbuka dan partisipatif
Merek kami yang diperbarui merupakan hasil dari proses yang terbuka dan partisipatif dengan Gerakan kami, yang dipimpin oleh tim staf dan relawan yang berdedikasi. Bersama-sama kami bermitra dengan Dragon Rouge, sebuah agensi kreatif dan pemasaran kelas dunia, untuk menyegarkan merek dan pesan Pramuka Dunia untuk masa depan sesuai dengan prioritas Visi dan Strategi baru kami untuk Pramuka.
Kami mulai dengan mendengarkan komunitas global kami dan melakukan penelitian mendalam, diskusi kelompok terfokus, dan wawancara tentang merek kami dengan pimpinan Organisasi Pramuka Nasional, kaum muda, relawan dewasa, staf Biro Pramuka Dunia dan Yayasan Pramuka Dunia, anggota Komite Pramuka Dunia dan Regional, serta mitra dan pemangku kepentingan utama yang terlibat dalam Pramuka. Kami mengumpulkan masukan tentang elemen merek kami untuk penyegaran di lokakarya Strategi Pramuka pada bulan Mei 2023, melibatkan Organisasi Pramuka Nasional yang saat ini menggunakan merek dunia sebagai identitas merek nasional mereka, dan berbagi pembaruan kemajuan rutin dengan struktur tata kelola dan Organisasi Anggota kami melalui rapat tatap muka, buletin elektronik, dan rapat umum daring untuk mengajak mereka ikut serta dalam perjalanan.
Merek dan identitas visual yang baru telah disetujui oleh Komite Pramuka Dunia setelah pertemuan mereka pada bulan Maret 2024, dan pendanaan untuk inisiatif ini disediakan oleh sejumlah BP Fellows yang dermawan melalui Yayasan Pramuka Dunia untuk mendukung Strategi baru kami untuk Kepramukaan dan merek yang baru.
Memperkenalkan Merek Kami kepada Gerakan Pramuka
Hari ini kami meluncurkan merek baru di seluruh saluran komunikasi global dan regional serta platform web Pramuka Dunia melalui kampanye kreatif, termasuk desain ulang situs web scout.org, promosi merek baru di media sosial, peningkatan paket alat tulis organisasi, dan lini baru barang dagangan bermerek yang akan tersedia untuk dijual pertama kalinya di Konferensi Pramuka Dunia ke-43.
Panduan merek daring, bersama dengan berkas gambar merek utama yang dapat diunduh, juga telah dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam solusi digital baru yang akan bertindak sebagai gudang pusat untuk semua aset merek World Scouting. Panduan merek tersebut kini tersedia untuk umum dan dapat diakses di brand.scout.org yang menawarkan panduan yang jelas kepada Organisasi Pramuka Nasional dan pemangku kepentingan utama lainnya tentang cara menggunakan identitas visual dan nada suara untuk merek World Scouting yang diperbarui secara konsisten dan efektif. Solusi digital ini akan segera menjadi rumah baru bagi pustaka media foto dan video kami yang dilengkapi dengan alat AI yang akan membuat pencarian dan pembuatan konten lebih mudah dari sebelumnya.
Organisasi Pramuka Nasional akan memperoleh kesempatan untuk merasakan sendiri merek baru ini secara penuh pada Konferensi Pramuka Dunia ke-43 di Mesir, dan kami berharap dapat berbagi lebih banyak informasi terkini dan panduan sembari menatap masa depan dan babak baru yang menarik ini bagi Gerakan kami. (Sumber: https://www.scout.org/news/news/ready-life-scoutings-new-brand-welcomes-new-era)